2. Alat dan bahan[Kembali]
1. Alat
- a.. JumperGambar 1. Jumper
3. Rangkaian Simulasi[Kembali]
4. Prinsip Kerja[Kembali]
Hubungan input B0 = R, B1 = S ,B2 = J, B3 = Clock JK, B4 = K , B5 = D, B6 = Clock D
- Pada saat S dan R berlogika 1 dan 0, maka output yang akan dihasilkan adalah Q dan Q' 0 dan 1. Dan ini dimanakan kondisi RISET
- Pada saat S dan R berlogika 0 dan 1, maka output yang akan dihasilkan adalah Q dan Q' 1 dan 0. Dan ini dimanakan kondisi SET
- Pada saat S dan R berlogika 0 dan 0, maka output yang akan dihasilkan adalah Q dan Q' 1 dan 1. Dan ini dimanakan kondisi LARANGAN
- Pada saat S, R, J, B3, K, D dan CLK D berlogika 1, 1, 0, clock, 0, 0, 0, maka output yang akan dihasilkan pada J-K Flipflop adalah 1 dan 0 karena jika input J-K berlogika (0,0) maka flip-flop berada dalam kondisi hold dimana disini output berlogika (0,1). Sedangkan Output Q dan Q' D Flip-Flop berlogika 0 dan 1 karena input D berlogika 0.
- Pada saat S, R, J, CLK J-K , K, D dan CLK D berlogika 1, 1, 0, CLK, 1, 1, 1, maka output yang akan dihasilkan pada J-K Flip-Flop beriogika 1 dan 0 karena jika input J-K berlogika (1,0) maka flip-flop berada dalam kondisi set dimana output akan berlogika (1,0). Sedangkan Output Q dan Q' D Flip- Flop berlogika 0 dan 1.
- Pada saat S, R, J, CLK J-K , K, D dan CLK D berlogika 1, 1, 1, 1, 1, 1, dan clock D tidak dihubungkan, maka output yang akan dihasilkan pada J-K Flip-Flop beriogika 0 dan 1 karena jika input J-K berlogika (1,1) maka flip-flop berada dalam mode toggle dimana output akan berbalik sehingga berlogika (0,1).
- Bagaimana jika B0 dan B1 sama sama diberi logika 0, apa yang terjadi pada rangkaian?
Jawab :
Pada saat percobaan yang telah dilakukan pada praktikum apabila B0 = 0 dan B1 = 0, maka output yang akan dihasilkan akan bernilai sama dengan percobaan sebelumnya atau biasa disebut kondisi tetap. Gimana hasil ini sesuai dengan tabel kebenaran
- Bagaimana jika B2 diputuskan atau tidak dihubungkan pada rangkaian, apa yang terjadi pada rangkaian?
Jawab :
Pada percobaan yang telah dilakukan pada praktikum B3 adalah clock. Jadi ketika clock diputuskan atau tidak dihubungkan pada rangkaian maka J atau K tidak akan berfungsi pada rangkaian, karena clock sangat berpengaruh terhadap J atau K walaupun R dan S nya tidak aktif itu tidak berpengaruh terhadap J dan K Nya maka kesimpulannya jika clock diputus atau tidak dihubungkan maka J atau K tidak akan berfungsi.
- Jelaskan apa yang di maksud dengan kondisi toggle, kondisi not change, dan kondisi terlarang pada Flipflop?
Jawab :
- Kondisi Toogle
Kondisi yang terjadi ketika input dari J dan k sama-sama satu dapat dilihat pada percobaan kemarin ketika j&k nya 1 maka outputnya akan dihasilkan berubah-rubah dimana berubah di sinilah yang dimaksud dengan togel
- Kondisi not Change
Kondisi yang terjadi ketika input yang diberikan sama-sama berlogika nol di mana dapat kita lihat pada praktikum yang sudah dilakukan maka output yang dihasilkan sama dengan percobaan sebelumnya di mana disebut dengan kondisi tetap
- Kondisi Terlarang
Kondisi yang terjadi pada saat berlogika 1 dimana output yang dihasilkan adalah Q = 1 Q' = 1 dimana ini sebisa mungkin untuk dihindari karena tidak mungkin Q dan Q' itu bernilai sama Dan inilah yang dimaksud dengan kondisi Terlarang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar